PULAU TANGAH PARIAMAN

PULAU TANGAH KOTA PARIAMAN

Pulau Tangah merupakan salah satu pulau yang berada diperairan Pariaman, dengan koordinat terletak pada 00o38’51” LS dan 100o06’05” BT. Dari hasil analisa spasial , Pulau Tangah memiliki luas 6,58 Ha yang terdiri dari 1,56 Ha hamparan pasir dan 5, 02 Ha kawasan bervegeratasi. Luas terumbu karang yang memiliki 10, 02 Ha.


Hamparan pasir mengelilingi seluruh kawasan pulau dan dapat dikelilingi selama 20 menit. Pulau ini memiliki flat terrain dengan ketinggian rata-rata 1, 5 meter dari permukaan laut. Pulau ini memiliki bentangan pasir terpanjang sejauh 45 meter dan dapat dijumpai pada sisi timur pulau. Keliling pulau ini adalah 951, 1 meter. Potongan melintang pulau dari arah timur ke barat sepanjnag 304 meter dan dari utara keselatan 275 meter. Jarak garis lurus dari garis pantai Pulau Sumatera menuju Pulau Tangah sejauh 2765 meter.



Kondisi umum Pulau Tangah merupakan pulau datar dengan pasir putih yang ditumbuhi beberapa jenis pohon seperti pohon kelapa, bakau , semak dan rumput.
Pulau tangah bersebalahan dengan pulau angso duo 



Untuk menjangkau pulau tangah kita bisa menaiki transportasi dari muara atau pantai gandoriah pariaman,
jarak yang di tempuh ke pulau tangah adalah 20 menit dari lepas pantai kota pariaman 
pulau ini masih asri yang mana di penuhi oleh pepohonan kelapa , karang yang masih bagus 
bisa di jadikan tempat rekreasi untuk para traveling yang ingin bermalam dan menikmatri indahnya suatu pulau yang benar benar asli dan jarang di jamah pengunjung 
karna pulau ini belum di jadikan atau di buka oleh pemerintah ,

No comments:

Post a Comment